Buletin Dakwah Al-Ikhbar merupakan sarana untuk menyampaikan Dakwah Islamiyah kepada umat Islam melalui penerbitan buletin dengan haluan "Ahlussunnah Wal Jama'ah", yang diterbitkan secara berkala oleh Pengurus LDNU Cabang Kota Kraksaan.
Buletin ini bertujuan untuk menyampaikan berbagai hal ikhwal melalui tulisan, agar supaya masyarakat memiliki pemahaman agama yang kuat terhadap agama dan syari'at, sehingga tercapta masyarakat yang Islami yang sesuai dengan faham "Ahlussunnah Wal Jama'ah".

Sabtu, 08 Oktober 2011

Membeli Barang Curian

 
Hukum membeli barang curian dalam pandangan agama adalah tidak boleh/haram. Karena diantara syarat sahnya jual beli adalah barang yang dijual harus merupakan hak milik orang yang menjual. Jika bukan hak milik orang yang menjual, seperti barang curian dll maka transaksinya tidak sah/batal.
    Namun apabila pembeli tidak tahu bahwa barang yang dibeli merupakan barang curian maka ia boleh menerimanya serta halal menggunakannya dengan catatan orang yang menjual barang tersebut secara zhahir adalah orang yang baik. Jika secara zhahir dia bukan orang yang baik, maka pembeli tetap akan mendapat tuntutan di akhirat, sekalipun transaksinya sah. Karena itu kita harus hati-hati menerima sesuatu dari orang zhahirnya jahat, baik menerima dalam rangka membeli, diberi, atau lainnya. ( Lihat: Fathul Mu’in; I’anatuth-Thalibin, III/13).
Lihat hasil Bahtsul Masail PP, Sidogiri di www.sidogiri.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buletin Al-Ikhbar

Buletin Al-Ikhbar

Buletin Al-Ikhbar

Buletin Al-Ikhbar